Rabu, 15 April 2015

Cara membuat wifi hotspot sendiri

Lw mungkin sering berpikir bagaimana Cara membuat wifi hotspot sendiri router utk perangkat lain seperti laptop/notebook, iphone, ipad, ataupun tablet PC. Nah aku mencoba memberikan sedikit cara yang terbukti berhasil. Awalnya ini sekedar aksi iseng-iseng karna keinginan utk men-sharing akses internet di laptop ke perangkat tablet & laptop lain di rumah. Ternyata langkahnya sangat mudah. Saya melakukannya di sistem operasi Windows 7.

Dan inilah langkah-langkahnya.




1. Pastikan bahwa laptop kita memang punya koneksi internet yg dapat di share, misal anda punya perangkat modem atau device yg memang menghubungkan engkau dgn internet.

2. Sekarang masuklah ke Command prompt sebagai Administrator, seperti terlihat di bawah ini. Perhatikan, akses lw harus sebagai administrator, apabila tak maka tak dapat dilakukan.

3. Akn muncul dlm command prompt ialah c:\Windows\system32>, lalu ketikkan pada command prompt tersebut:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=WifiKu key=passwordku lalu tekan enter.

Keterangan: SSID nantinya akn muncul sebagai Wifi kita yg terlihat oleh perangkat lain, & KEY adalah kata kunci yang hrs dimasukkan oleh pengguna perangkat lain apabila kepingin menggunakan WifiKu.

4. Selanjutnya masuk ke Open network and sharing center dgn cara klik pada icon koneksi di bawah kanan.

5. Klik pada bagian change adapter settings

6. Lihat apakah terdapat Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter, serta pada bagian ini terlihat sebagai Wireless Network Connection 2.

7. Perhatikan apakah sudah ada adapter yg menunjukkan koneksi modem yang akn kita sharing koneksinya seperti contoh di bawah ini. Klik kanan & pilih properties.

8. Selanjutnya klik tab pada bagian sharing, lalu klik (tandai) pada bagian allow other network to connect . serta apabila muncul alert network connection tekan OK.

9. Selanjutnya pilih pada Home Network Connections Wireless Network Connection 2?, lalu klik OK.

10. Selanjutnya, koneksikan modem internet kita.

11. Setelah Itu kembali ke command prompt sebagai administrator dengan mengetikkan c:\Windows\system32>netsh wlan start hostednetwork , selanjutnya tekan enter.

12. Selanjutnya pada laptop kami sudah tersedia WifiKu yg bisa terlihat oleh perangkat lain serta digunakan sebagai Hotspot.

13. Gunakan password yang tadi dimasukkan dalam key yakni passwordku utk akses ke WifiKu dari perangkat lain.

14. Utk menghentikan WifiKu kami gunakan kembali command prompt dgn perintah netsh wlan stop hostednetwork.

15. Selamat Mencoba, sekarang komputer anda telah siap berbagi dgn perangkat lain melalui wifi / hotspot.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar